Jumat, 18 Maret 2016

KOMUNIKASI BISNIS dan TEKNOLOGI


BAB I
PENDAHULUAN
1.1                 Latar Belakang

Secara etimologi komunikasi yang berasal dari kata  communis adalah bersama, sedangkan menurut Menurut William C. Himstreet dan Wayne Murlin Baty, komunikasi berarti suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui sistim yang biasa (lazim digunakan) baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun dengan prilaku atau tindakan. Selanjutnya bisnis menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti perdagangan atau perniagaan. Menurut Drs. Djoko Purwanto M.B.A komunikasi bisnis berarti komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis meliputi komunikasi verbal maupun nonverbal. Peran komunikasi dalam dunia bisnis merupakan hal yang perlu dilakukan seorang produsen jika ingin mengembangkan usahanya lebih luas lagi dengan berbagai konsumen. Komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai sarana baik sarana teknologi maupun sarana lainnya. Seperti percakapan lewat media komunikasi internet maupun telpon dan lainnya. Agar suatu perusahaan mampu menangani berbagai konsumen yang jumlahnya sangat banyak diberbagai daerah maka diperlukan peran komunikasi seperti media iklan, promosi dan sebagainya sehingga terjangkau oleh masyarakat luas.
Perusahaan-perusahaan besar dan maupun produsen rumahan menggunakan teknologi informasi untuk memasarkan produk-produk mereka.  Teknologi informasi dirasakan memiliki peranan penting sebagai suatu alat komunikasi bisnis sehingga dapat menciptakan keunggulan yang kompetitif dalam dunia bisnis.  System informasi juga dapat menjadi salah satu penunjang serta dapat meningkatkan kinerja individual dalam perusahaan ataupun organisasi bisnis. Teknologi informasi telah membawa dampak positif diantaranya untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, meningkatkan pengambilan keputusan, meningkatkan hubungan terhadap konsumen atau pelanggan, serta mengembangkan aplikasi strategi baru.



1.2                 Ruang Lingkup Pembahasan
1.                     Peranan komunikasi dalam dunia bisnis.
2.                     Teknologi informasi dalam dunia bisnis.
3.                     Keuntungan dan manfaat menguasai teknologi informasi dalam dunia bisnis.
4.                     Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dalam keputusan bisnis.

BAB II
PEMBAHASAN
  2.1 Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

              Setiap produsen maupun pengusaha harus membuka jalur komunikasi semudah-mudahnya bagi masyarakat selaku konsumen atau calon pembeli barang dan jasanya.  Sudah menjadi tugas seorang produsen dalam memasarkan produk maupun jasanya untuk mempermudah akses komunikasi dengan calon pembeli menyediakan barang dan jasa maupun mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau jasa tersebut. Untuk mencapai suatu tujuan komunikasi yang diinginkan maka para pelaku usaha bias menggunakan berbagai sarana komunikasi guna mempermudah jalur komunikasi dengan konsumen.
  Dasar peranan komunikasi bagi para produsen adalah mendapatkan perhatian dari pasar sasaran membangun keinginan atau ketertarikan minat pada isi iklan, lalu membangun keinginan berdasarkan pesan iklan dan mengarahkan para calon pembeli untuk konsisten berlaku sesuai isi pesan tersebut.
  Elemen dalam model komunikasi bisnis yang pertama adalah pengirim yang dapat mampu membangun karakteristik sesuai dengan isi pesan, mempengaruhi konsumen dalam jangkan pendek. Kedua adalah pesan, yang berpengaruh pada dampak komunikasi yang bergantung pada kemampuan komunikator menyampaikan makna. Yang ketiga adalah media, dalam era globalisasi ruang media begitu luas terbuka yang tercepat dapat melalui internet seperti surat elektronik atau email, dan media komunikasi lainnya. Yang keempat adalah penerima, dalam hal ini komunikasi harus disesuaikan pada beberapa jenis konsumen agar penyampaian maksud dapat diterima. Dan yang terakhir adalah membangun hubungan dengan konsumen mempengaruhi beberapa factor sepert emosi dan ketenangan, keakraban, kedekatan atau kegemaran, dll.   
2.2 Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

  Dalam perkembangan dunia bisnis yang begitu cepat pelaku usaha dituntut dapat bersaing dengan cepat, tepat, efisien, dan agresif yang tinggi. Pelaku bisnis dituntut untuk memproduksi lebih banyak lebih cepat namun tetap efisien. Dan tekanan bisnis tersebut dapat diselesaikan dengan adanya teknologi informasi maupun system informasi. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan.  
Penerapan teknologi tersebut dapat berupa aplikasi teknologi informasi yang menjadi landasan dari aplikasi-aplikasi lain yang perusahaan tersebut menggunakan system informasi, basis data maupun network management. Aplikasi mendasar atau utility yang digunakan dalam system sumber daya dalam suatu perusahaan seperti penggajian, system akuntansi maupun keuangan. Aplikasi yang lain adalah teknologi yang digunakan perusahaan dalam memproses barang atau jasa yang akan di tawarkan.
2.3 Keuntungan dan Manfaat Menguasai Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

              Pemanfaatan penggunaan Teknologi Informasi dalam dunia bisnis seperti kegiatan operasional perusahaan dalam bidang TI maupun akuntansi dan keuangan, aplikasi audit internal, sistem persediaan atk atau cetakan, sistem inventarisasi peralatan kantor, sistem electronic data interchange, untuk pengiriman dokumen, website dan intranet, sistem informasi forwarding, sistem informasi properti, sistem informasi pergudangan, sistem informasi sdm, sistem informasi poliklini, dan sebagainya. Pemanfaatan seperti E-commerce yaitu menyediakan kesempatan bagi organisasi atau perusahaan dalam memperluas produksinya keseluruh dunia dengan biaya minim. E-commerce sendiri adalah sebagai pembelian, penjualan, bertukar produk, jasa dan informasi melalui jaringan computer yaitu internet. Manfaat dari e-commerce ini juga dirasakan masyarakat sebagai konsumen yang lebih mudah dalam membeli barang dan jasa. Dengan demikian, perusahaan kecilpun dapat bersaing 24 jam sehari dalam bisnisnya untuk mengembangkan dan memproduksi barang dan jasa mereka. Keuntungan lainnya dalam bidang social adalah mempermudah penyebaran komunikasi dari satu daerah kedaerah lain dengan cepat.
Sedangkan dalam dunia pendidikan :  Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan, inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan, kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasisteleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan,  aistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
              Dalam Bidang Ekonomi : Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan, bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan, dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
              Dalam Bidang Pemerintah : Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau       yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar, e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industry, Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.

3.4 Pengaruh Pemanfaatan TI dalam Keputusan Bisnis

              Teknologi informasi sangat berperan penting dalam proses berjalanannya system komunikasi maupun produksi suatu perusahaan. System informasi berkaitan dengan ketepatan waktu, dan kebenaran penyediaan informasi. System komunikasi sendiri dalam teknologi informasi solusi yang dapat diberikan untuk keunggulan yang kompetitif. Teknologi informasi merupakan sumber daya keempat setelah sumber daya manusia, sumber daya uang, sumber daya mesin yang digunakan untuk membentuk dan mengoperasikan perusahaan. Teknologi informasi dan komunikasi yang cepat dapat membantu seorang manager dalam mengambil keputusan bisnis. System tersebut digunakan untuk meningkatkan kinerja individual dalam suatu perusahaan dan tentunya akan berdampak pada kinerja organisasi atau perusahaan tersebut.

              Keberhasilan suatu system informasi bergantung pada mudahnya pemanfaatan system tersebut dalam teknologi yang ada yang akan membantu individu menyelesaikan tugasnya. Dan sejauhmana keberhasilan penerapan teknologi informasi untuk memberikan dampak positif dalam peningkatan kinerja individu maupun seluruh organisasi atau perusahaan tersebut. Perlu diperhatikan pula dari segi efisiensi dan keefektifan serta pemanfaatan dalam pemakaian teknologi informasi. Perusahaan harus mengadakan evaluasi untuk memberikan gambaran keberhasilan sistem itu sendiri. Evaluasi yang dilakukan terhadap teknologi sistem informasi bermula dari pemakai. Karena pemakai dapat berasumsi mengenai teknologi sistem informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan dan sesuai dengan kebutuhannya.
Teknologi informasi sendiri telah membawa perubahan pada struktur, operasi dan manajemen suatu perusahaan. Penggunaan teknologi dalam organisasi maupun perusahaan akan mendukung kegiatan untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, meningkatkan pengambilan keputusan, meningkatkan hubungan terhadap konsumen atau pelanggan, serta mengembangkan aplikasi strategi baru. Tidak jarang ditemukan teknologi yang diterapkan dalam sistem informasi sering tidak tepat atau tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakai sistem sehingga penerapan sistem informasi kurnag memberikan manfaat dalam peningkatan kinerja individual. Jika evaluasi pemakai atas teknologi cocok dengan kemampuan dan tuntutan dalam tugas pemakai, maka akan memberikan dorongan pemakai untuk memanfaatkan teknologi sistem informasi. Oleh sebab itu, evaluasi pemakai digunakan sebagai tolak ukur untuk keberhasilan penggunaan dan kualitas jasa sistem informasi yang dihubungkan dengan kecocokan tugas dan teknologi. Sehingga dengan evaluasi pemakai mempunyai hubungan yang positif signifikan terhadap peningkatan kinerja suatu organisasi bisnis.
BAB III
KESIMPULAN
3.1 Analisis
Peranan komunikasi dalam dunia bisnis sangatlah penting mengingat dunia bisnis begitu berkembang pesat sehingga para pelaku bisnis dituntut untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan cepat, tepat, dan efisien. Peran komunikasi dalam bisnis ini dapat mempermudah masyarakat sebagai calon pembeli dan memperluas jaringan pasar produsen sendiri. Peranan komunikasi juga harus didukung dengan sarana teknologi informasi, yang menjadi solusi dalam mempercepat dan mengefisiensikan kebutuhan dan kinerja suatu perusahaan. Berbagai manfaat dalam teknologi komunikasi ini dirasakan oleh kedua belah pihak baik sebagai produsen yang dapat memperluas pasar dengan adanya kemudahan e-commerce yang menggunakan media komunikasi seperti internet yang dapat memudahkan proses komunikasi terhadap masyarakat luas maupun sebagai media untuk memasarkan barang dan jasa, sedangkan bagi masyarakat luas selaku konsumen dengan kemudahan teknologi informasi dalam bisnis terutama e-commerce ini, memudahkan para pembeli dalam transaksi terlebih harga nya juga masih terbilang terjangkau. Yang banyak bermunculan dewasa ini seperti website tempat berbelanja dengan aman, mudah dan murah. Selain itu dapat membantu para pelaku indistri rumahan untuk memasarkan produk mereka keberbagai daerah sehingga dapat meningkatkan kuantitas penjualan mereka.

 Daftar Pustaka
http://saarahku.blogspot.co.id/2015/03/latar-belakang-peranan-komunikasi-dalam.html


0 komentar:

Posting Komentar