Jumat, 10 Oktober 2014

ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UMUM

ISD sebagai MKDU

ISD sebagai mata kuliah dasar umum membentuk mahasiswa yang tidak hanya ahli dalam bidangnya tetapi mengetahui ruang lingkup ilmu lain yang menjadi mata kuliah dasar umum sehingga membuka pengetahuan serta pola pikir mahasiswa menjadi lebih luas. Mata kuliah umum tersebut adalah :

Agama

Pancasila

Kewiraan

Ilmu Sosial Dasar

Ilmu alamiah Dasar

Ilmu Budaya Dasar



Pengertian ilmu social dasar atau ISD

Ilmu social dasar atau ISD adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai sebuah masalah social yang ada dalam masyarakat dan bagaimana memecahkan masalah tersebut berdasarkan disiplin ilmu-ilmu social seperti : Geografi social, sosiologi, antropologi social, sejarah, ilmu politik, ekonomi, psikologi social.

   Tujuan ISD

Tujuan ISD agar membentuk karakter mahasiswa yang kritis terhadap masalah-masalah social disekitarnya dan ikut serta berperan aktif dalam memecahkan masalah social tersebut tidak hanya berdasarkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki dan kuasai, tetapi kepekaan mereka terhadap perkembangan social masyarakat Indonesia pada umumnya, serta berprilaku sebagai mana golongan terpelajar Indonesia dengan mempelajari sikap dan tingkah laku manusia.

IPS

Ilmu pengetahuan social atau IPS adalah suatu disiplin ilmu dari cabang ilmu social, yang di dalamnya membahas berbagai macam ilmu social seperti : ekonomi, social, sejarah, politik, dll yang disederhanakan dalam satu disiplin ilmu bernama IPS. Ilmu pengetahuan social adalah mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat SD maupun SMP yang disesuaikan dengan tingkat dan usia siswa.

Mempelajari ilmu pengetahuan social untuk tingkat dasar dan menengah sangat penting untuk membuka jendela pengetahuan mereka serta membuat siswa dapat mengamati gejala-gejala social dalam lingkungan mereka. Selain itu IPS juga menjadi pembuka jalan mereka untuk lebih memahami ilmu social ketika sudah masuk jenjang menengah dimana ilmu social akan lebih dispesifikan cabang-cabangnya agar siswa lebih focus terhadap cabang masing-masing ilmu tersebut.

ISD dan IPS



Ilmu social dasar adalah ilmu yang mempelajari masalah social dan cara pemecahan masalah nya menggunakan disiplin ilmu-ilmu social sedangkan ilmu pengetahuan social ilmu yang mempelajari tentang hubungan social dalam bermasyarakat.

Ilmu social dasar diberikan pada jenjang perguruan tinggi sedangkan IPS diberikan untuk jenjang sekolah menengah dan dasar. Ilmu social dasar merupakan mata kuliah ilmu yang bersifat tunggal sedangkan IPS merupakan cabang dari disiplin ilmu-ilmu social lainnya. Ilmu social dasar membentuk karakter mahasiswa dan kepribadian dan IPS diarahkan kepada pengetahuan dan keterampilan intelektual.







Ruang Lingkup ISD

Bertumpu dari tujuan mata kuliah ilmu social dasar makan terdapat ruang lingkup pembahasan yang harus dipelajari mahasiswa yaitu:

Mahasiswa mempelajari berbagai masalah kependudukan dan hubungannya pada perkembangan masyarakat serta kebudayaan.

Masalah individu, keluarga serta masyarakat, mahasiswa harus peka terhadap masalah yang terjadi antar individu keluarga maupun masyarakatmya.

Sebagai mahasiswa diharapkan menyadari peranannya sebagai mahasiswa dan mengamati masalah kependudukan serta sosialisasi.

Mempelajari peran Negara dan warga Negara serta hubungannya.

Mempelajari hubungan status social masyarakat dengan lapisan social masyarakat.

Masalah yang terjadi di perkotaan dan pedesaan.

Mempelajari perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi dan manfaatnya sebagai upaya pengurangan kemiskinan.

Menyadari banyaknya pertentangan social karna hubungannya dengan integrasi social.

Pilihan Ganda

1. Apa tujuan dari ISD sebagai mata kuliah dasar umum



a. Sebagai sarana penunjang belajar mahasiswa

b. Agar mahasiswa lebih mendalami tugasnya

c.Mahasiswa dapat mengerti manfaat suatu ilmu

d. Agar dapat membuka cakrawala pengetahuan mahasiswa sehingga memahami berbagai disiplin ilmu yang terdapat dalam MKDU
Jawaban : D
2. Apa pengertian ISD

a. Ilmu yang mempelajari kehidupan social

b. Ilmu dari disiplin ilmu social

c. Ilmu yang mempelajari seluk-beluk masalah social dan cara menyelesaikannya melalui disiplin ilmu social

d. Ilmu yang mempelajari ilmu pengetahuan social

Jawaban : C
3.Tujuan mata kuliah ilmu social dasar

a. Membentuk suatu organisasi yang siap menangani masalah social.

b. Menemukan jati diri mahasiswa sebagai mahasiswa

c. Membentuk karakter mahasiswa agar kritis menganalisa masalah social dan dapat menyelesaikannya dengan ilmu yang mereka kuasai.

d. Meneliti masalah gejala social pada masyarakat
Jawab : C
4. Ruang lingkup ISD salah satu nya adalah kecuali

a. Mempelajari masalah social dalam masyarakat seperti masalah kependudukan dan tingkat social

b. Masalah yang terjadi pada individu, keluarga dan masyarakat

c. Masalah integrasi social

d.Masalah yang berhubungan dengan alam dan manusia.
Jawab : D
5. Perbedaan ISD dengan IPS

a. ISD merupakan bagian dari IPS keduanya memiliki persamaan yaitu merupakan ilmu social, isd membentuk karakter dan kepribadian mahasiswa sedangkan IPS diarahkan dapat menambah pengetahuan serta kreatifitas intelektual.

b. Keduanya tidak dapat dipisahkan karena sama-sama merupakan ilmu yang mempelajari perkembangan masalah social dalam masyarakat

c. ISD dan IPS merupakan cabang ilmu yang mempelajari gejala social dimasyarakat dan diharapkan dapat menangani masalah social

d. Hubungan ISD dengan IPS sebagai mata kuliah wajib pada perguruan tinggi demi terbentuknya masyarakat yang peka terhadap gejala social.


Jawab : A




Daftar Pustaka



Diktat Gunadarma Ilmu Sosial Dasar

inyomanintanmauliaarsana.blogspot.com/2013/04/perbedaan-dan-persamaan-ilmu-sosial.html?=) diposting pada bulan april 2013










0 komentar:

Posting Komentar